KAPOLSEK DUREN MENGHADIRI KEGIATAN PAM/MONITORING SIMULASI TPS DAN SISPAMKOTA DI WILAYAH CIPAYUNG

Tribratanews- Polsek Duren Sawit, Kapolsek Duren Sawit KOMPOL P. HUTASUHUT melaksanakan monitoring dan pengamanan pada kegiatan Simulasi Pengamanan TPS dan Sispamkota di KAV. Tunggal Panaluan Jl. Suralaya Dalam TPS 45 RT.003/04 Kel. Cilangkap Kec. Cipayung Jakarta Timur.(16/3/19)

Pejabat yang hadir :
1. Dandim 0505 Jakarta Timur.
2. Walikota Kota Administrasi Jakarta Timur.
3. Kapolres Metro Jakarta Timur.
4. Ketua KPU Kota Administrasi Jakarta Timur.
5. Ketua Bawaslu Kota Administrasi Jakarta Timur.
6. Danramil Jajaran Jakarta Timur.
7. Kapolsek Jajaran Polres Metro Jakarta Timur.
8. Lurah Jajaran Kota Administrasi Jakarta Timur.
9. Perwakilan dari masing-masing Partai Politik.

Rangkaian Kegiatan :
Pukul 09.00 Wib, Apel Latihan SIPAMKOTA dipimpin oleh Kabag Ops Polres Metro Jaktim AKBP R. ARIEF SETYAWAN, SH diikuti 322 Personil.

Pukul 09.10 Wib, Arahan Apel Kabag Ops Polres Metro Jaktim

Yang saya hormati peserta Apel sekalian, saya mewakili Kapolres dalam rangka pengecekan kesiapan kita dalam rangka Latihan Sispamkota dan Pengamanan TPS

ada beberapa hal yang akan saya sampaikan

Kesiapan yang pertama adalah Pers,  Personil kita harus benar – benar siap dimana kita di tempatkan kita sudah siap.

Pelaksanaan kita hari ini di awali dari jalan raya posisi di luar area, Peranan lalu lintas adalah jangan sampai masyarakat merasa terganggu.

Agar para pers menempatkan kendaraannya dengan baik, radius 100 meter di jalan raya agar di kosongkan.

Obyek panggung ini akan diisi oleh Kapolres, Dandim, Walikota dan para Camat yang akan menyaksikan kegiatan ini.

Kabagops selanjutnya menjelaskan skenario jalannya latihan Sispamkota Pengamanan Tahap Pungut suara di TPS pada Pemilu serentak 2019 di Wilayah Hukum Polda Metro Jaya.

sekira Pukul 11.03 Wib Kapolres Metro Jaktim, Dandim 0505 Jaktim & Wakapolres Metro Jaktim tiba di lokasi.

sekira Pukul 11.15 s/d 11.55 Wib Gladi Simulasi SISPAMKOTA Pemilu 2019 dilakukan dlm 2 sesi dgn urutan rangkaian kegiatan sbb :

Apel Pengamanan TPS pengamanan dipimpin oleh Kapolsek Cipayung KOMPOL H. DARMO SUHARTONO, SIP, SH, MM. dgn personil dari Siaga Polsek, TNI, Satgas Rayonisasi & Mitra Keamanan.

Petugas Bhabinkamtibmas Polsek Cipayung & Babinsa Koramil melakukan sterilisasi TPS 45 & melaporkan ke Siaga Polsek.

Pergeseran Kotak Suara & Logistik ke TPS 45 oleh KPPS dikawal dgn 2 anggota Polri.

KPPS memberikan arahan kepada petugas PPS, mengambil sumpah anggota, Pembacaan Fakta Integritas, mempersiapakan surat suara & logistik TPS.

Peserta pencoblosan surat suara di TPS 45 tiba dilokasi dgn membawa KTP & Surat Undangan utk melakukan Pendaftaran & Pencoblosan Surat Suara.

Salah seorang warga sekitar memaksa utk mencoblos namun tdk terdaftar di DPT kemudian diarahkan agar menggunakan hak suaranya diatas jam 12. Kemudian datang seorang warga dgn KTP Jakarta Utara memaksa utk mencoblos di TPS 45 namun tdk membawa/mempunyai surat C5 dari daerah asal & tidak diperbolehkan utk mencoblos.

Pukul 13.00 Wib resmi ditutup dilanjutkan dgn penghitungan surat suara DPD RI, DPRD DKI Jakarta, DPR RI & Pilpres RI. Setelah dilakukan penghitungan petugas KPPS membuatkan Notulen C1.

SetelahPenghitungan suara datang beberapa orang yg tdk terima dgn hasil penghitungan suara & berupaya utk masuk TPS 45. Kemudian Provokator dpt diamankan oleh petugas TNI & POLRI yg bertugas di TPS 45.

Selanjutnya Kotak Suara dibawa oleh Petugas KPPS dikawal oleh petugas pam TPS ke PPK / Kelurahan. Dalam perjalan terdapat penghadangan oleh sekelompok massa yg ingin merampas kotak suara tsb namun berhasil diredam oleh petugas TPS serta petugas gabungan TNI Polri kemudian Provokator sdh diamankan & dibawa ke Polsek Cipayung.

Setelah kejadian tersebut Kapolsek Cipayung melaporkan kepada Kabag Ops Polres Metro Jaktim, Kemudian Kabqg Ops agar mengarahkan penyekatap oleh Petuga TNI Polri serta menuntup lokasi kejadian sementara / pengalihan arus lalu lintas oleh petugas Lalu Lintas, memerintahkan personil Intelkam mencari Informasi atas kejadian tsb & personil Reskrim utk mencari para pelaku yg terlibat dlm kejadian tsb.

Beberapa saat kemudian Kapolsek Cipayung melaporkan kpd Kabag Ops Restro Jaktim terkait Perkembangan situasi di TPS 45 yg sdh kondusif, kemudian Kabag Ops Restro Jaktim mengarahkan kpd Kapolsek Cipayung utk melakukan konsolidasi personil..

sekira pukul 12.05 Wib, apel konsolidasi dipimpin oleh Kapolres Metro Jaktim.
Arahan Kapolres Metro Jaktim diantaranya sbb

Yang Terhormat Walikota Jaktim, Dandim, KPU, Bawaslu, Rekan Perwira Polres, km
Rekan TNI, Anggota Sabhara Polda dan Rekan Polres Jakarta Timur.

Pertama – tama kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas izin dan Ridhonya kita dapat melaksanakan kegiatan ini.

-Siang ini kita telah selesai melaksanakan simulasi Pengamanan TPS, selaku pimpinan Kapolres mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan kegiatan simulasi ini, simulasi ini sebagai gambaran dan pada pelaksanaannya tanggal 17 April dapat maksimal, semoga tanggal 17 April simulasi ini tidak terjadi di wilayah kita.

Pesta demokrasi yang dilaksanakan oleh seluruh masyarakat kita harapkan dapat berjalan aman dan nyaman, hal ini dengan keterkaitan dan kebersamaan oleh seluruh take holder, kebersamaan yang positif tanggal 17 April pesta demokrasi ini dapat terselenggara dengan aman lancar dan sejuk,  dengan usaha dan doa dari rekan – rekan sekalian.

Matahari terbit dari sebelah timur , untuk itu kita jaga Jakarta Timur agar tetap aman.(Hpds)

BERITA TERKAIT

KOLOM KOMENTAR