Mahasiswa Gelar Unras di Halte Kampus UKI, Polsek Kramatjati Lakukan Pengamanan

  • Bagikan

Tribratanews, Jakarta – Kepolisian Sektor Kramatjati melakukan pengamanan aksi unjuk rasa oleh Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Komisariat Universitas Kristen Indonesia, dalam rangka menyikapi aksi represif oknum Polda Sumbar terhadap masyarakat Air Bangis Pasaman Barat Sumatera Barat di Depan Halte Kampus UKI Cawang Jl. Mayjen Sutoyo Kec. Kramatjati Jakarta Timur, pada Selasa (08-08-2023).

Untuk mengamankan kegiatan aksi unras tersebut, Polsek Kramatjati mengerahkan puluhan personel polisi, gabungan Polsek dan Polres yang dipimpin oleh Waka Polsek Kramat Jati AKP Dwi Prasetyo.

Adapun tuntutan massa adalah diantaranya sebagai berikut.

– GMNI UKI sudah mengetahui adanya tindakan represif terhadap 1.500 masyarakat Air Bangis Pasaman Barat Sumbar, karena aksi penolakan proyek strategis nasional yang dimulai oleh pemerintah pusat kepada pemerintah daerah setempat.

– Tindakan represif berupa penangkapan secara paksa dan kekerasan fisik pada rumah ibadah umat muslim mengakibatkan penduduk yang melakukan aksi mengalami luka-luka.

– Kami sangat mengecam mengutuk dan tidak membenarkan satupun aksi represif oknum polisi tersebut, terhadap masyarakat yang melakukan aksi penolakan atas hak-hak mereka.

– Melalui press rilis ini kami meminta kepadaKapolri untuk mengusut tuntas oknum Polda Sumbar untuk di sidang etik terhadap tindakan represif yang telah mencederai citra Polri.

– Meminta kepada Kapolri untuk segera mencopot Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono, karena telah terbukti tidak dapat memimpin anggotanya melakukan tindakan humanis kepada masyarakat Air Bangis.

– Meminta Kapolri untuk segera mencopot Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Bas, karena telah terbukti bahwa anggota Polres Pasaman Barat tidak mempunyai moral yang baik, memasuki rumah ibadah menggunakan sepatu serta melakukan tindakan represif di dalam rumah ibadah.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *