Kapolres Parepare bersama Forkopimda dan Stakeholder Gelar Rapat Koordinasi Kesiapan Pengamanan Pemilu

  • Bagikan

Tribratanews.id – Kepolisian Resor Parepare menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Kesiapan Penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024 bersama Forkopimda Parepare serta Stakeholder terkait lainnya di Kota Parepare,

Kegiatan tersebut dipusatkan di Aula Ruang Rapat Lantai 2 Polres Parepare Jalan Andi Mappatola, Kelurahan Ujung Baru Kecamatan Soreang Kota ParePare, Rabu (31/01/2024).

Dalam kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Parepare AKBP Arman Muis dan dihadiri Dandim 1405/Parepare Letkol Inf Hastiar Hatta, Julius Upa Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Kota Parepare, Ketua Dprd Kota Parepare Ir. H.Kaharuddin Kadir, Kompol Ramli Danyon B Pelopor Sat brimobda Sulsel, Letda Cpm Ambo Asse Pasi Wal, Letda Cpm Mansyur Pasigal, Shaiful Horry, Kepala KSOP Parepare, Totok Budiyanto Kepala Lapas Kelas II A kota Parepare, Abd Rahim Kasi BPBD, dan  H. Rustam Asta, Kepala Kesbangpol Parepare, Ketua KPU Kota Parepare Muhammad Awalyanto serta Para Tokoh Adat dan Tokoh Agama serta Tokoh Masyarakat se-Kota ParePare.

Mewakili Pj Walikota Parepare Julius Upa Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Kota Parepare menyampaikan bahwa Rapat Koordinasi Internal dalam rangka memastikan kesiapan pengamanan menjelang pemungutan suara pada pelaksanaan pemilihan umum tahun 2024 di wilayah Kota Parepare dalam pelaksanaan pesta demokrasi.

“ Kami selaku Pemerintah Kota sangat mengapresiasi kepada seluruh jajaran Polres Parepare sebagai pengawal keamanan, tetapi juga sebagai mitra yang aktif dalam menjaga ketertiban dan kelancaran pelaksanaan pemilu di Kota Parepare,“ uajar Julius Upa.

Pemilu, kata Julius Upa, merupakan panggung utama bagi warga negara untuk menyalurkan hak suaranya. “Oleh karena itu, penting bagi kita semua untuk bekerja sama dalam memitigasi potensi risiko yang mungkin timbul selama proses pemilihan berlangsung,” jelasnya.

Lebih lanjut Julius berharap langkah strategis untuk mengantisipasi dan menanggulangi setiap potensi gangguan keamanan. Karena menurut dia, keberhasilan pelaksanaan Pemilu bukan hanya tanggung jawab Polres Parepare, tetapi merupakan hasil kolaborasi seluruh pihak terkait, termasuk masyarakat Kota Parepare.

“Mari kita semua bersatu padu untuk mewujudkan Pemilu yang aman, damai, dan demokratis, dengan semangat gotong royong dan kebersamaan, kita akan menjaga keutuhan dan kedamaian Kota Parepare selama pelaksanaan pemilihan umum dan Semoga rapat koordinasi ini menghasilkan langkah-langkah yang efektif dan membawa dampak positif bagi kelancaran pemilihan umum di Kota Parepare,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolres Parepare AKBP Arman Muis mengungkapkan Indikator keberhasilan Pemilu tahun 2024 antara lain, Pemilu dapat terselenggara dengan aman dan kondusif dan Partisipan Pemilu.

“Perlu adanya antisipasi untuk Pemda membuat surat edaran cuti bersama mengingat sebelum pelaksanaan tahap Pemungutan Suara tanggal 14 Februari 2024 banyak terdapat hari libur, sehingga tingkat partisipan pemilu dapat dipertahankan,” ujarnya.

Situasi Kamtibmas di wilayah Parepare hingga sampai saat ini masih dalam situasi keadaan aman dan kondusif jelang Pemilu 14 Februari 2024.

“Memang Kota Parepare sampai saat ini relatif aman dan kondusif, namun kami tetap berharap dalam pelaksanaan tugas kedepan, agar kita semua dapat menempatkan diri sebagaimana mestinya sesuai dengan tupoksi masing-masing,” jelas Arman Muis.

Dalam momentum ini kami mengajak seluruh masyarakat kota Parepare untuk mendukung kegiatan pelaksanaan mulai dari tahap awal sampai akhir dapat berjalan dengan lancar

“Terkait dengan Pilkada Kabupaten/Kota juga sudah mulai masuk tahapan perencanaan untuk pelaksanaan tetapi sekarang kita fokus kepada pemungutan suara Pemilu 2024 dan pendistribusian logistik pemilu yang akan datang,” terangnya.

Arman Muis berharap kepada seluruh Stakeholder terkait dan masyarakat Parepare untuk memberikan dukungan serta suport agar pelaksanaan Pemilu dapat berjalan sesuai dengan harapan bersama.

Di tempat yang sama Dandim 1405/Parepare Letkol Inf Hastiar Hatta memastikan bahwa TNI dalam penyelenggaran Pemilu tahun 2024 siap berkolaborasi dengan seluruh instansi dan stakeholder, sehingga terciptanya situasi yang aman dan kondusif.

Terkait masalah kesehatan, Dandim meminta agar perlunya, menyiagakan petugas medis pada hari pencoblosan sampai selesai penghitungan Suara Pemilu 2024, nanti untuk memastikan kesehatan petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS).

“Komposisi kekuatan TNI sejauh ini belum ada BKO, namun apabila diperlukan akan kami sampaikan kepada satuan tingkat atas,” tandasnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *