Gelar Seminar di Sekolah Polsek Pulogadung Gandeng Dosen STIK PTIK

  • Bagikan

Tribratanews, Jakarta – Kapolsek Pulogadung Kompol Sutrisno bersama Dosen STIK PTIK, Dr Novi Indah Earlyanti menggelar seminar di Aula Lantai 3 SDN Rawamangun 12 Pagi Komplek UNJ Jl. Pemuda RT 11 RW 14 Kel. Rawamangun Kec. Pulogadung Jakarta Timur.

Kegiatan seminar tersebut dilaksanakan dengan tema “Membendung Gelombang Bullying Dengan Meningkatkan Peran Komunitas Pendidikan di Era Dirupsi Digital ” yang disampaikan oleh Dosen STIK PTIK Dr Novi Indah Earlyanti.

Melalui seminar ini, masyarakat dapat memahami dampak negatif bullying dan memahami peran mereka sebagai individu dalam mencegah bullying. Dengan informasi yang baik, masyarakat bisa lebih paham ketika mengetahui adanya perundungan dan berani melaporkannya.

Sementara itu Dr. Novi Indah yang menjadi narasumber dalam seminar pencegahan bullying di lingkungan sekolah, menyampaikan bullying tindak kekerasan/agresif yang dilakukan dengan sengaja oleh yang memiliki kelebihan kepada orang lain, serta dilakukan berulang.

Bentuknya perundungan secara fisik, verbal, dan relasional hingga menyebabkan penyebaran rumor negatif, mengabaikan, mengisolasi, seseorang dalam kelompok.

“Di era digital saat ini ditambah dengan cyber bullying yang biasa dilakukan dalam platform komunikasi digital. Fenomena lain berupa vertical bullying, bentuk perundungan yang dilakukan senior kepada junior,” terangnya.

Terkait penyebab perilaku bullying, ia menjelaskan perundungan merupakan fenomena puncak gunung es. Sehingga perlu menjadi catatan pendidik bahwa perilaku yang diperlihatkan oleh siswa pelaku bullying hanya sisi yang tampak saja.

Sementara yang harus diperhatikan adalah penyebab perilaku tersebut, yaitu antara lain kurang empati, keinginan untuk balas dendam karena pernah menjadi korban, meniru perilaku kekerasan, gangguan psikologis, hingga kebutuhan emosional tidak terpenuhi.

Hal senada juga disampaikan Kapolsek, bahwa Perilaku bullying di era digital ini harus diwaspadai . Peran pendidik di sekolah dan orang sangat dibutuhkan dalam hal ini.

Tampak dalam seminar ini Kapolsek didampingi oleh Kanit Binmas Polsek Pulogadung dan Bhabinkamtibmas Kel. Rawamangun Aiptu Triyo Santoso. Dan juga dihadiri oleh beberapa peserta tamu undangan antara lain, Kepala SDN Rawamangun 12 Pagi, Rosim Spd Msi, Ketua Komite SDN Rawamangun 12 Pagi, Agus Subiyanto SE MBA, beserta bapak dan ibu guru beserta karyawan SDN Rawamangun 12 pagi dan para wakil orang tua kelas 1-6.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *