Pastikan Sehat, Sidokkes Polres Jaktim Lakukan Pengecekan Kesehatan Personel Pengamanan Pemilu 

  • Bagikan

Tribratanews, Jakarta – Untuk memastikan kondisi fisik dan kesehatan petugas pengamanan pemilu yang bertugas di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Jakarta Timur, Sidokkes Polres Metro Jakarta Timur melakukan pemeriksaan kesehatan personel, pada Rabu 14 Februari 2024.

Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Nicolas Ary Lilipaly melalui Kasie Dokkes Polres Metro Jakarta Timur AKP Laura mengatakan, hal tersebut dilakukan bertujuan untuk memastikan kondisi petugas PPK dan petugas keamanan dalam kondisi sehat dan dan dapat melaksanakan tugas pengamanan Pemilu 2024.

Dalam kegiatan pemeriksaan kesehatan itu, para tenaga medis yang terlibat dan turun langsung ke lapangan, melakukan pengecekan meliputi tekanan darah, anamnesis keluhan, serta pemberian vitamin, dan pengecekan makanan sebelum di kosumsi petugas posko.

Tim kesehatan lapangan Polres Metro Jakarta Timur juga memberikan edukasi minum air yang cukup minimal 2 L (minimal botol air mineral besar sebanyak 2 botol). Melakukan pergerakan ringan bangun, duduk dan gerakkan kaki mengurangi kelelahan dan tekanan pada otot kaki dan pinggang.

Serta edukasi perenggangan otot pada kaki dengan membuka sepatu atau regangkan tali sepatu yang dilakukan tiap 4-6 jam, dan melakukan gerakan jari-jari kaki dengan ringan untuk mengurangi kelelahan.

AKP Laura mengungkapkan, jika saat diperiksa petugas terindikasi kelelahan maka diminta untuk istirahat. “Dan diusahakan bisa digantikan dengan petugas lainnya sambil dilakukan pemeriksaan dan konsultasi online atau telemedicine dari anggota Siedokkes Polres Metro Jakarta Timur,” jelasnya.

Selain itu, Kasie Dokkes Polres Metro Jakarta Timur juga menghimbau kepada petugas jaga agar selalu berhati-hati dalam melaksanakan tugas dan selalu menjaga pola makan yang teratur untuk menjaga stamina supaya terjaga.

“Dikarenakan pengamanan ini membutuhkan kondisi kesehatan yang prima, untuk keluhan kesehatan dapat menghubungi nomor petugas yang telah di berikan sesuai lokasi bertugasnya,” pungkasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *