Kapolres Sinjai Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Keselamatan Pallawa TA. 2024 dan Pencanangan Aksi Keselamatan di Jalan

  • Bagikan

Tribratanews.id – Kepolisian Resor Sinjai melaksanakan Apel Gelar Pasukan dalam rangka pelaksanaan Ops Patuh Pallawa-2023, dengan tema “Keselamatan Berlalu Lintas Guna Terwujudnya Indonesia Maju”, Bertempat dihalaman Mapolres Sinjai. Sabtu pagi (2/3/2024).

Selaku pemimpin apel, Kapolres Sinjai Akbp Fery Nur Abdulah, S.Ik sekaligus membacakan amanat seragam Kapolda Sulsel, selaku perwira apel Kasat Lantas Polres Sinjai Akp Muhammad Arsyad, S.Sos dan komandan apel Kanit Regident Sat Lantas Polres Sinjai Ipda Sufadlan, SH.

Kegiatan yang dihadiri oleh Kadis Perhubungan Kab. Sinjai Akbar, S.Sos.,M.Si yang mewakili Kadis Pol.PP dan Damkar Kab. Sinjai, pejabat Utama Polres Sinjai, para Kasat, Kapolsek jajaran, dan perwira staf Polres Sinjai serta undangan lainnya.

Kegiatan diawali dengan penyematan pita oleh pemimpin apel kepada masing – masing perwakilan dari TNI Kodim 1424 Sinjai, Sat Lantas Polres Sinjai dan Dinas Perhubungan Sinjai tanda dimulainya operasi.

Selanjutnya Pemasangan PIN keselamatan kepada perwakilan dari Satpol.PP Sinjai, komunitas roda dua (YKRS) dan Siswa SMA, dilanjutkan dengan Pembacaan Ikrar deklarasi bersaudara dijalan, Safety dan Presisi oleh Komunitas Yamaha King Rider’s Sinjai (YKRS)
Muh. Rusdi.

Amanat Kapolda Sulsel Irjen Pol. Andi Rian R. Djajadi, S.Ik.,MH yang dibacakan oleh Kapolres Sinjai yang intinya menyampaikan, Apel gelar pasukan ini dilaksanakan untuk mengetahui sejuh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya, sehingga kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dan dapat berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan, dengan mengedepankan fungsi lantas.

Operasi Keselamatan Pallawa 2024 dan pencanangan aksi keselamatan dijalan dilaksanakan selama 14 hari, yang dimulai dari tanggal 04 S/d 17 Maret 2024 secara serentak diseluruh indonesia dengan mengedepankan kegiatan preemtif 40% dan preventif 40% serta didukung dengan kegiatan gakkum 20% dengan Etle Statis, Mobile On Board dan Etle Han Held serta tindakan teguran simpatik.

Sasaran Operasi meliputi segala bentuk potensi gangguan, Ambang gangguan, dan gangguan nyata yang berpotensi mengakibatkan kemacetan, pelanggaran lalulintas dan kecelakaan lalulintas, baik sebelum, pada saat maupun pasca operasi Keselamatan Pallawa 2024 dengan 5 (lima) prioritas pelanggaran yaitu kendaraan bermotor roda 2 dan roda 4 yang menggunakan knalpot tidak sesuai pabrikan.

“Kedua, Kendaraan bermotor yang tidak standar pabrikan, menambah panjang rangka atau merubah spektek dan kendaraan barang yang over dimensi dan over loading Ketiga, Kendaraan bermotor pribadi yang menggunakan sirine, rotator, dan atau strobo bukan pada peruntukannya, Keempat TNKB kendaraan bermotor yang tidak sesuai dengan aturan atau spekter, Dan Kelima, Pengemudi atau pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan Helm SNI.

“Saya berharap Ops Keselamatan Pallawa-2024 dan pencanangan aksi Keselamatan Jalan dapat memberikan dampak positif terhadap terciptanya situasi Kamseltibcarlantas yang kondusif, aman, nyaman dan selamat yang dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah Tahun 2024 dari bulan suci ramadhan sampai dengan puncak arus mudik dan balik. harapnya.

Adapun peserta apel gelar pasukan gabungan instansi yang terdiri dari 1 (satu) regu TNI-AD Kodim 1424 Sinjai, 1 (satu) regu Sat Polair, Satu regu Sat Samapta, satu regu personel staf gabungan Polres Sinjai, 1 (satu) regu personel Sat Lantas Polres Sinjai, 1 (satu) regu Satpol.PP, 1 (satu) regu dinas perhubungan Sinjai, dan 1 (satu) regu dari Siswa SMA serta komunitas roda dua.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *