Polres Metro Jakarta Timur Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Ketupat Jaya 2024 Dalam Rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024

  • Bagikan

Tribratanews, Jakarta – Menghadapi perayaan Hari Raya Idul Fitri, Polres Metro Metro Jakarta Timur melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Ketupat Jaya 2024 di GOR Ciracas Jln Raya Bogor Kel. Ciracas Jakarta Timur, pada Rabu (03/04/2024).

Apel gelar pasukan tersebut dipimpin oleh Wakapolres Metro Jakarta Timur AKBP Burhanuddin dengan dihadiri Forkopimko Jakarta Timur, serta para Pejabat Utama. Dan diikuti 224 personel gabungan TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, Damkar, dan Pokdarkamtibmas serta stakeholder lainnya.

Dalam arahannya Wakapolres membacakan amanat Kapolri, Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, bahwa Apel Gelar Pasukan Operasi Kerupat Telabang bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2024 komitmen nyata sinergisitas TNI-Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan hari raya Idulfitri 1445 H.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, berdasarkan survei Kemenhub RI tahun 2024 diperkirakan terdapat potensi pergerakan masyarakat sebesar 193,6 juta orang atau meningkat 56,4 % dibandingkan tahun 2023” ucap Wakapolres saat membacakan amanat Kapolri.

Operasi terpusat dengan sandi “Ketupat 2024” yang melibatkan 155.165 personel, selama 13 hari dari tanggal 4 s.d. 16 April 2024. Operasi ini telah diawali KRYD (Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan) tanggal 28 Maret s.d. 3 April 2024 dan akan dilanjutkan pasca operasi tanggal 17 s.d. 23 April 2024.

“Dalam Operasi ini, telah dipersiapakan 5.784 pos, yang terdiri dari 3.772 pos pengamanan, 1532 pos pelayanan, dan 480 pos terpadu, dalam rangka pelayanan dan pengamanan utamanya pada jalur-jalur rawan seperti kemacetan, kecelakaan, kriminalitas, dan bencana alam, serta di pusat-pusat keramaian” imbuhnya.

Mengakhiri amanat Kapolri, Irwansyah menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi sertinggi-tingginya kepada seluruh personel pengamanan yang terdiri dari unsur TNI-Polri, Kementerian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, dan Mitra Kamtibmas lainnya yang telah berpartisipasi dalam mendukung Operasi Ketupat 2024.

Waka Polres Metro Jakarta Timur juga menambahkan dalam arahannya agar pelaksanaan Opersi Terpusat Ketupat Jaya 2024 tersebut, dilaksanakan penuh dengan tanggung jawab.

” Gelar pasukan dalam rangka Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi Ketupat Jaya 2024, dilaksanakan dalam rangka memberikan rasa aman kepada masyarakat yang merayakan hari raya Idul Fitri maupun masyarakat yang mudik dan balik pada saat proses rangkaian Idul Fitri tahun ini” ungkap Wakapolres saat memberikan keterangan nya kepada awak media.

“Mari kita sama-sama melaksanakan tugas ini dengan rasa tanggung jawab. Dengan lebaran tahun 2024 mari kita amankan dengan tanggung jawab jangan sampai ada permasalahan sedikitpun. Anggota yang terkena sprint tugas pengamanan agar benar-benar tanggung jawab dan jangan sampai tidak hadir,” tambah nya.

Waka Polres melanjutkan, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, para petugas yang terlibat agar selalu menginformasikan kepada masyarakat baik terkait tanah longsor, jalan rusak, agar masyarakat dapat menghindari jalan tersebut.

“Dan selalu tingkatkan kordinasi dan langkah-langkah agar segala sesuatu bisa tercapai,” ujar Waka Polres, seraya mengucapkan terima kasih kepada peserta apel mudah-mudahan lebaran tahun 2024 ini aman dan kondusif.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *