Polsek Sinjai Tengah Bersama Warga Gotong Royong Perbaiki Irigasi

  • Bagikan

Tribratanews.id – Polsek Sinjai Tengah, di bawah kepemimpinan Iptu Yantar, SH, menunjukkan komitmen yang kuat terhadap pemberdayaan masyarakat dengan bergotong royong dalam memperbaiki infrastruktur vital bagi pertanian.

Pada Minggu, tanggal 19 Mei 2024, mereka bersama-sama dengan instansi terkait dan warga setempat bergotong royong memperbaiki irigasi pertanian yang mengalami kerusakan di lingkungan Lonra 1, Kelurahan Samaenre, Kecamatan Sinjai Tengah, Kabupaten Sinjai.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Lurah Samaenre Baso Bintang, Kepala Lingkungan Lonra 1, serta para warga masyarakat yang peduli akan keberlangsungan pertanian lokal.

Kerusakan yang terjadi pada saluran irigasi tersebut sangat merugikan, mengingat saluran tersebut memainkan peran penting dalam mengairi persawahan yang menjadi sumber penghidupan bagi banyak petani di sekitar Samaenre. Jebolnya saluran irigasi disebabkan oleh tingginya debit air yang melampaui kapasitas saluran, sehingga dinding saluran tersebut tidak mampu menahan tekanan air yang begitu besar.

Untuk mengatasi situasi tersebut, masyarakat sekitar yang dibantu oleh dinas PUPR dan Anggota Polri, mengambil langkah pencegahan sementara dengan memasang bambu dan karung yang diisi dengan tanah. Langkah ini bertujuan untuk mencegah keruntuhan lebih lanjut pada bagian saluran yang sudah jebol, serta untuk menjaga agar air tetap mengalir ke sawah-sawah petani yang sangat membutuhkan suplai air tersebut.

Kegiatan gotong royong ini tidak hanya berfungsi sebagai upaya perbaikan infrastruktur, tetapi juga sebagai wujud kebersamaan dan kepedulian terhadap keberlangsungan hidup masyarakat petani. Dalam suasana yang penuh semangat dan kerja sama, para peserta gotong royong saling bahu membahu untuk memastikan bahwa perbaikan irigasi pertanian dapat dilakukan dengan sebaik mungkin.

Melalui kegiatan ini, Polsek Sinjai Tengah tidak hanya menjadi lembaga penegak hukum, tetapi juga menjadi mitra yang aktif dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Mereka menunjukkan bahwa kerja sama antara aparat keamanan dan masyarakat dapat menghasilkan dampak positif yang signifikan dalam meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan bersama.

Semangat gotong royong yang ditunjukkan dalam kegiatan ini merupakan cermin dari kekuatan kolaborasi antara berbagai pihak dalam membangun komunitas yang lebih baik. Diharapkan, semangat ini akan terus berkobar dan menjadi contoh bagi masyarakat lainnya untuk turut serta dalam pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur yang menjadi tulang punggung kehidupan bersama.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *