Kabag Ops Polres Sinjai Cek Tahanan, Antisipasi Hal Hal Yang Tidak Diinginkan

  • Bagikan

Tribratanews.id – Untuk mengantisipasi hal- hal yang tidak diinginkan, Kabag Ops Polres Kompol Sunyoto, S.Sos, bersama Kasiwas Akp Ambo Syahrir, SE, dan Kasi Propam Iptu Suparman, S.Sos, didampingi petugas jaga tahanan melakukan pengecekan kondisi para tahanan di Rutan Mapolres Sinjai. Kegiatan ini berlangsung pada Kamis pagi (6/6/2024).

Kabag Ops Polres Sinjai, Kompol Sunyoto, S.Sos, menjelaskan bahwa pengecekan tahanan ini dilakukan untuk memastikan keamanan dan kondusifitas di ruang tahanan Mapolres Sinjai. “Kami memastikan semua aspek keamanan, baik di dalam maupun di luar ruangan, termasuk pintu teralis, atap, dan jumlah tahanan, semuanya harus sesuai dengan data yang ada,” ungkapnya.

Selain memeriksa kondisi fisik ruang tahanan, Kabag Ops juga melakukan absen dan pendataan ulang para tahanan. Hal ini untuk memastikan tidak ada tahanan yang hilang atau terlewatkan dalam catatan mereka. “Ini bertujuan agar kondisi tahanan dan ruang tahanan bisa terus terpantau, memastikan kelengkapan jumlahnya sesuai data,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, Kabag Ops Polres Sinjai juga berdialog dengan para tahanan. Ia mengarahkan agar para tahanan mematuhi aturan yang telah ditentukan dan tidak melakukan aktivitas yang dilarang. “Jika ada yang sakit, silakan hubungi petugas piket jaga tahanan untuk segera diberikan pengobatan,” jelasnya.

Kabag Ops Polres Sinjai menekankan bahwa pengecekan ini adalah bentuk kontrol terhadap keberadaan, jumlah, kesehatan tahanan, dan kesiapan anggota yang bertugas. “Pengecekan ini bentuk kontrol terhadap keberadaan, jumlah, keadaan kesehatan, dan kesiapan anggota yang bertugas,” tuturnya.

Selain itu, dilakukan pula pengecekan terhadap barang- barang milik tahanan. Kabag Ops memastikan tidak ada barang yang dilarang berada dalam ruang tahanan, mengantisipasi potensi gangguan keamanan. “Barang-barang yang dilarang jangan ada di dalam sel untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” tegasnya.

Kabag Ops juga berikan arahan kepada petugas jaga tahanan. Ia mengingatkan agar petugas menjalankan tugasnya dengan baik dan selalu memonitor aktivitas para tahanan dengan melakukan pengecekan setiap saat. Hal ini untuk memastikan situasi yang aman dan kondusif di lingkungan rutan. “Saya menekankan kepada petugas jaga tahanan untuk menjalankan tugas dengan baik serta selalu memonitor kegiatan para tahanan untuk terwujudnya situasi yang aman dan kondusif,” pungkasnya.

Pengecekan ini diharapkan dapat mencegah berbagai potensi masalah di dalam ruang tahanan, termasuk upaya pelarian, penyelundupan barang terlarang, atau kondisi kesehatan yang terabaikan. Dengan adanya pengecekan rutin dan pengawasan ketat, diharapkan situasi di Rutan Mapolres Sinjai tetap aman dan terkendali.

Langkah ini juga menunjukkan komitmen Polres Sinjai dalam menjaga keamanan dan ketertiban, baik di dalam rutan maupun di luar. Melalui koordinasi yang baik antara petugas dan tahanan, serta pengecekan rutin yang dilakukan, diharapkan tidak ada celah bagi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *