Polsek Ciracas Berhasil Ungkap dan Tangkap Pelaku Penggelapan Mobil Rental, Tersangka Ditangkap di Batu Jawa Timur

  • Bagikan

Tribratanews, Jakarta – Kepolisian Sektor Ciracas berhasil mengungkap dan menangkap pelaku kasus penggelapan mobil rental yang dilakukan oleh inisial TS (27) warga Ciracas. Pelaku ditangkap polisi dari tempat persembunyiannya di Batu, Jawa Timur.

Kapolsek Ciracas Kompol Agung Ardiyansyah, SH, MH menjelaskan, pelaku tersebut sempat menghilang dan hidup berpindah-pindah, dan akhir berhasil ditangkap di daerah Batu Malang Jawa Timur, pada hari Senin tanggal 10 Juni 2024 sekitar pukul 14.00 WIB.

“Tersangka diamankan di rumah kontrakanya di Jalan Mojoagung Kel. Mojorejo, Kec. Junrejo Kota Batu, Jawa Timur, selanjutnya tersangka dibawa ke Polsek Ciracas Jakarta Timur guna proses sidik lebih lanjut,” jelas Kapolsek Ciracas, Kamis (20-06-2024).

Dalam kasus ini Polsek Ciracas berhasil mengamankan barang bukti berupa surat keterangan dari leasing ACC, berikut FC BPKB legalisir, serta 11 lembar transaksi rekening Bank BCA atas nama Pitrika dan 15 lembar percakapan whatsapp antara saksi dengan pelaku.

Lebih jauh Kapolsek menjelaskan, kasus tersebut bermula pada hari Senin tanggal 06 Februari 2023, pelaku minta tolong kepada saksi 1 Muhammad Fiqih Bramantiyo untuk menyewakan 1 unit mobil merk Daihatsu Ayla 1.2 X A/T, Nopol B-2186-TRC, warna kuning metalik kepada korban, dengan alasan untuk keperluan keluarga.

Sebab, jika pelaku sendiri yang menyewa kepada korban tidak akan diberikan karena sebelumnya antara korban dengan pelaku punya hutang. Karena alasan tersebut, saksi 1 merasa kasian karena untuk keperluan keluarganya.

Selanjutnya saksi 1 menyanggupi dan mendatangi rumah korban bersama saksi Alvin Hidayat, untuk menyewa mobil korban. Setelah saksi 1 berhasil menyewa mobil korban bersama saksi 2, mobil diserahkan kepada pelaku yang sebelumnya sudah janjian bertemu dipinggir Jalan Kelapa Dua Wetan Ciracas, Jakarta Timur.

Selanjutnya, mobil korban dibawa oleh pelaku selama 3 hari dengan uang sewa per hari sebesar Rp. 250 ribu yang dibayarkan ke rekening BCA saksi 1, selanjutnya uang langsung ditransfer ke rekening Bank BCA milik korban.

Selanjutnya dihari ke 4, pelaku sudah tidak membayar sewa mobil korban,  namun yang dilakukan pelaku tanpa sepengetahuan saksi 1 dan tidak seizin pemilik mobil pelaku menggadaikan mobil korban lewat perantara teman pelaku bernama Gunawan alias Ipay.

Mobil tersebut digadaikan kepada orang yang bernama panggilan RT di daerah Cikeas Bogor, digadai sebesar Rp. 15 juta dibayar dengan cara di transfer ke rekning pelaku. Setelah menerima uang hasil gadai mobil, pelaku datang kerumah Gunawan als Ipay dan memberikan komisi sebesar Rp. 300 ribu.

Dua hari kemudian pelaku
menanyakan keadaan mobil karena mau ditebus kepada Gunawan Als Ipay. Menurut keteranganya bahwa mobil korban sudah digadikan lagi ke daeah Cianjur kepada orang yang bernama Tatang.

Karena sudah kehilangan jejak keberadaan mobil, pelaku takut di laporkan ke Polisi oleh korban. Selanjutnya pelaku melarikan diri ke Bandung Jawa Barat bersama anak dan istrinya selama 6 bulan, karena merasa tidak aman di Bandung, pelaku pindah melarikan diri ke daerah Batu Malang Jawa Timur.

Setelah dilakukan penyelidikan lebih lanjut terhadap pelaku didapat informasi bahwa pelaku dan istrinya berada didaerah Batu Malang Jawa Timur.

Dan pada hari Senin tanggal 10 Juni 2024 sekitar pukul 14.00 Wib oleh anggota Buser Polsek Ciracas pelaku dapat diamankan di rumah kontrakanya di Jalan Mojoagung Kel. Mojorejo, Kec. Junrejo Kota Batu, Jawa Timur.

“Selanjutnya dibawa ke Polsek Ciracas Jakarta Timur guna proses Sidik lebih lanjut,” ungkap Kapolsek Ciracas.

Kepada polisi, pelaku mengaku perantara gadai mobil milik korban yaitu Gunawan Als Ipay, selanjutnya penyidik melakukan pencarian dan berhasil mengamankan Gunawan als Ipay di Cibubur. Dari keterangan Gunawan membenarkan mobil terahir digadaikan ke Tatang di Cianjur, dan sampai saat ini.

Terkait kasus ini pihak kepolisian melakukan pencarian terhadap Tatang dan barang bukti mobil yang digelapkan tersebut.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *