Pawas Polres Sinjai, Akp H. Suharto, Cek Tahanan : Jaga Keamanan dan Kewaspadaan

  • Bagikan
Oplus_0

Tribratanews.id – Perwira Pengawas (Pawas) Polres Sinjai, Kasi Humas Akp H. Suharto, bersama dengan Ka SPKT, piket Provos dan petugas jaga tahanan, melakukan pengecekan rutin terhadap kondisi para tahanan di Rumah Tahanan (Rutan) Mapolres Sinjai pada Sabtu malam, 22 Juni 2024. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Polres Sinjai untuk memastikan keamanan dan ketertiban di dalam Rutan.

Pengecekan ini sesuai instruksi Kapolres Sinjai, Ajun Komisaris Besar Polisi (Akbp) Fery Nur Abdulah, S.Ik. Ia menekankan bahwa setiap perwira yang bertugas sebagai perwira pengawas (pawas) harus melakukan pengecekan tahanan secara rutin. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kewaspadaan dan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti potensi pelarian tahanan.

“Tujuan dari pengecekan ini adalah untuk memastikan kondisi tahanan dan ruang tahanan selalu terpantau. Kami juga mengabsen dan mendata para tahanan untuk memastikan jumlah mereka sesuai dengan data yang ada,” ujar Akp H. Suharto.

Selama pengecekan, Akp H. Suharto tidak hanya memeriksa kondisi fisik para tahanan dan fasilitas di dalam Rutan, tetapi juga berinteraksi langsung dengan para tahanan. Ia memberikan arahan agar para tahanan tidak melakukan aktivitas yang dilarang dan selalu mematuhi peraturan yang telah ditetapkan.

“Saya mengimbau kepada para tahanan untuk selalu melaksanakan ibadah dan memohon doa serta ampunan kepada Allah SWT atas perbuatan yang telah mereka lakukan. Harapannya, setelah bebas nanti, mereka tidak lagi melakukan hal-hal yang bertentangan dengan hukum dan bisa mengisi kehidupan dengan perbuatan baik yang bermanfaat bagi sesama,” tambah Akp H. Suharto.

Tidak hanya memberikan nasihat spiritual, Akp H. Suharto juga memeriksa barang-barang yang ada di dalam sel tahanan. Langkah ini diambil untuk mengantisipasi potensi penyelundupan barang terlarang atau alat yang bisa digunakan untuk melarikan diri. Dalam kesempatan tersebut, ia juga menekankan pentingnya peran petugas jaga tahanan dalam menjalankan tugas dengan baik.

“Petugas jaga tahanan harus selalu memonitor aktivitas para tahanan dengan melakukan pengecekan setiap saat. Ini penting untuk menjaga situasi tetap aman dan kondusif,” tegasnya.

Langkah-langkah pengecekan rutin ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman di dalam Rutan Mapolres Sinjai. Selain itu, melalui interaksi langsung dengan para tahanan, diharapkan dapat menginspirasi perubahan positif dalam diri para tahanan.

Polres Sinjai terus berupaya meningkatkan standar keamanan dan pengawasan di seluruh fasilitas tahanan. Hal ini merupakan bagian dari komitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan menjaga ketertiban dan keamanan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *