Kapolres Sinjai dan Rektor UMSI Tandatangani MoU Kerjasama

  • Bagikan

Tribratanews.id – Kepala Kepolisian Resor Sinjai, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Fery Nur Abdulah, S.Ik menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Rektor Universitas Muhammadiyah Sinjai (UMSI), Prof. Dr. Umar Congge, S.Sos., M.Si., CRMPA, di Aula pertemuan UMSI pada Senin (24/6/2024).

Kegiatan ini dihadiri Wakapolres Sinjai, Kompol Tamar, S.Sos; Kabag Ops Polres Sinjai, Kompol Sunyoto, S.Sos, Kasat Resnarkoba, Akp Syaiful Syan, SH, serta perwira lantas, Ipda Askar AS. Hadir pula DR. Muh. Judrah, M.Pd, dari Badan Pembina Harian UMSI Sinjai, dr. Kahar Anies, Sp.B, Direktur Rumah Sakit Umum Sinjai, dan Prof. Dr. Hj. Mashuni, S.Si., M.Si, Rektor Institut Sains Teknologi dan Kesehatan Aisyiyah Sinjai Kendari.

Kesepakatan kerjasama ini berfokus pada penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Kapolres Sinjai Akbp Fery Nur Abdulah, S.Ik menyambut baik kerjasama ini, mengungkapkan bahwa nota kesepahaman tersebut akan mencakup pendidikan, penelitian, pengembangan, dan pengabdian masyarakat, serta bidang lain yang disepakati oleh kedua belah pihak.

Rektor UMSI, Prof. Dr. Umar Congge, berharap kerjasama ini dapat terjalin secara sinergis, efektif, dan efisien dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM). Menurutnya, dengan adanya MoU ini, diharapkan ada sinergi antara dunia akademis dan kepolisian dalam menghadapi berbagai tantangan di masyarakat.

Kapolres Sinjai menyampaikan bahwa penandatanganan ini juga mencakup pendidikan, penelitian dan pengembangan, kegiatan akademis dan diskusi ilmiah, serta pengembangan sumber daya. “Polres Sinjai membuka diri untuk mahasiswa dari UMSI yang ingin melakukan penelitian atau latihan. Fenomena yang terjadi di lapangan nantinya dapat dipelajari dan diberikan rekomendasi akademis sebagai solusi,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Kapolres juga menekankan pentingnya sumbangan pemikiran dari mahasiswa dan dosen dalam bidang keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). “Jurnal-jurnal dari UMSI ini dapat kita implementasikan dalam rangka kamtibmas di wilayah Sinjai,” tambahnya.

Selain itu, ke depan akan dilakukan kerjasama terkait duta Anti Narkoba dan duta Kamseltibcarlantas dari kalangan mahasiswa. Mereka akan bersama-sama mengedukasi masyarakat terkait narkoba dan keselamatan berlalu lintas (Kamseltibcarlantas).

Kerjasama ini diharapkan dapat membawa manfaat nyata bagi kedua belah pihak, serta memberikan kontribusi positif bagi masyarakat Sinjai. Dengan adanya sinergi antara UMSI dan Polres Sinjai, diharapkan tercipta kolaborasi yang mampu menjawab tantangan-tantangan di masyarakat melalui pendekatan akademis dan implementasi yang efektif di lapangan.

Pada akhir kegiatan, sebagai simbol penghargaan dan komitmen kerjasama, Kapolres Sinjai menerima cenderamata dari Rektor UMSI. Penyerahan ini menandai awal dari kerjasama yang diharapkan dapat terus berlanjut dan berkembang di masa depan.

Dengan adanya MoU ini, diharapkan hubungan antara UMSI dan Polres Sinjai semakin erat, membawa dampak positif bagi peningkatan kualitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, serta meningkatkan keamanan dan ketertiban di Kabupaten Sinjai.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *