Secara Virtual, Polres Sinjai Gelar Pelatihan Kemampuan Konselor dengan Pemateri Bagian Psikologi Biro SDM Polda Sulsel

  • Bagikan

Tribratanews.id – Kepolisian Resor Sinjai melalui Bagian Sumber Daya Manusia (SDM) menggelar pelatihan kemampuan konselor kepada seluruh personelnya secara virtual melalui zoom meeting, Kamis pagi (11/7/2024).

Kegiatan yang bertempat di ruang vicon Mapolres Sinjai ini dipimpin oleh Kapolres Sinjai yang diwakili oleh Wakapolres Sinjai, Kompol Tamar, S.Sos, didampingi oleh Kabag SDM Polres Sinjai, AKP Syamsul Bahri, S.Sos., MM. Pelatihan ini diikuti oleh Pejabat Utama Polres Sinjai, para perwira, segenap personel Polres Sinjai, serta Polsek jajaran melalui zoom meeting.

Pada kegiatan tersebut, Polres Sinjai menghadirkan pemateri secara virtual melalui zoom meeting dari Bagian Psikologi Biro SDM Polda Sulsel yang dipimpin oleh Kabag Psikologi Biro SDM Polda Sulsel, AKBP Udin Yulianto, S.Psi., M.Psi., Psikolog, bersama Kompol Muhammad Asep Muharam, S.Psi., M.Psi., Psikolog, selaku pemateri.

Kabag Psikologi Biro SDM Polda Sulsel, AKBP Udin Yulianto, S.Psi., M.Psi., Psikolog dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Polres Sinjai atas inisiatif menggelar pelatihan kemampuan konselor yang sangat berguna demi kebaikan Polres. “Ini Polres pertama yang melakukan pelatihan konselor dengan menggunakan sarana yang ada dengan pemateri dari Psikologi Biro SDM Polda Sulsel,” ujarnya.

“Dimohon kepada seluruh personel Polres Sinjai yang mengikuti agar mendengarkan dan memahami materi yang diberikan, ini bisa menjadi tonggak dan membuat Polres Sinjai lebih baik ke depannya,” tambahnya.

Selanjutnya, pemateri yang dibawakan oleh Kompol Muhammad Asep Muharam, S.Psi., M.Psi., Psikolog menyampaikan materi tentang bagaimana menjadi konselor yang terampil, prinsip dasar konseling, dan pemberian motivasi kerja anggota Polri. Sesi ini juga diakhiri dengan sesi tanya jawab yang interaktif.

Sementara itu, Kapolres Sinjai, AKBP Harry Azhar Hasry, S.Ik., MH menyampaikan bahwa kegiatan ini penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Polres Sinjai. “Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan kemampuan tambahan kepada para personel agar mampu berperan sebagai konselor yang baik di lingkup Polres maupun Polsek,” ujarnya.

Menurutnya, kemampuan konseling sangat dibutuhkan dalam menunjang tugas-tugas kepolisian, terutama dalam memberikan dukungan moral dan motivasi kepada sesama rekan kerja. “Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan seluruh personel Polres Sinjai memiliki keterampilan konseling yang baik dan dapat mengaplikasikannya dalam tugas sehari-hari,” tambahnya.

Kapolres Sinjai AKBP Harry Azhar Hasry,S.Ik.,MH juga menekankan pentingnya pemahaman psikologis. “Kemampuan konseling tidak hanya berguna untuk internal Polri, tetapi juga dalam memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat,” jelasnya.

Dalam pelatihan ini, para peserta diajak untuk lebih memahami peran konselor, teknik-teknik konseling efektif, serta pentingnya menjaga keseimbangan emosi dan mental dalam menjalankan tugas. Para pemateri juga memberikan contoh-contoh kasus dan teknik-teknik praktis yang dapat diterapkan oleh para personel dilapangan.

Kabag SDM Polres Sinjai, AKP Syamsul Bahri, S.Sos., MM, mengapresiasi antusiasme para peserta dalam mengikuti pelatihan ini. “Semoga ilmu yang didapatkan bisa bermanfaat dan diterapkan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari. Kami berharap upaya ini dapat meningkatkan kualitas SDM,” ungkapnya.

Pelatihan ini diakhiri dengan sesi evaluasi dan diskusi singkat mengenai materi yang telah disampaikan, serta rencana tindak lanjut untuk penerapan hasil pelatihan di lingkungan Polres Sinjai. “Kami akan terus mengadakan kegiatan-kegiatan serupa untuk memastikan seluruh personel Polres Sinjai memiliki keterampilan yang memadai dalam menjalankan tugas kepolisian,” pungkas Kabag SDM.

Dengan adanya pelatihan ini, Polres Sinjai berkomitmen untuk terus meningkatkan kompetensi sumber daya manusianya, sehingga dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *